Jumat, 08 Juni 2012

Requirements traceability matrix

Sekarang saya akan menjelaskan tentang apa itu Requirements traceability matrix ? dan apa kegunannya dalam penjaminan kualitas sebuah software. . . . . . .

Requirements traceability matrix (RTM)  merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan pada pengembangan perangkat lunak pada fase testing. Disini RTM berguna melakukan verifikasi apakah kebutuhan tersebut sudah terpenuhi atau belum. RTM ini berupa daftar-daftar kebutuhan yang nantinya dapat memudahkan dalam melakukan testing. Matrix ini menghubungkan antara kebutuhan pada tingkat yang paling tinggi, spesifikasi desain, kebutuhan testing, dan coding. Karena matrix ini menyediakan link yang diperlukan berguna menentukan informasi yang dibutuhkan. Dengan adanya RTM juga sebagai alat untuk memastikan adanya penjaminan kualitas software, karena RTM memastikan bahwa kebutuhan yang diinginkan customers telah sesuai.

Tujuan dari RTM yaitu ;

1. Memastikan bahwa seluruh test case yang ada harus sesuai dengan kebutuhan.
2. Memastikan bahwa ketentuan yang telah disetujui sudah mencakup semua pada fase pengembangan. Dari spesifikasi kebutuhan, pengembangan perangkat lunak, testing, sampai perangkat lunak itu jadi.

Contoh dari RTM bisa dilihat dari gambar dibawah ini :

0 komentar: