Rabu, 22 Februari 2012

Software Quality Factor Maintainability & Usability pada Rancang Bangun Sistem Informasi E-Katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah

Adrian Nugraha (5209100057) & M.Rinaldi Darmawan (5209100072)


Deskripsi Rancang Bangun Sistem Informasi E-Katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah

Sistem yang dijalankan pada program E-katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah ini yaitu sistem e-purchasing yang menangani pembelian langsung barang dan jasa pemerintah. Akan tetapi sistem e-purchasing ini tidak dapat berdiri sendiri, sistem ini memerlukan suatu sistem e-katalog yang nantinya berisikan katalog (spesifikasi) dari barang yang ditampilkan dalam e-purchasing. Selain memiliki fungsi sebagai sistem pengolahan data katalog, e-katalog yang berada di pusat juga berfungsi sebagai sistem pendistribusian data ke setiap epurchasing yang ada di masing-masing layanan pengadaan secara elektronik.




Maintainability

Menentukan upaya yang akan dibutuhkan oleh user dan maintain personil untuk mengidentifikasi kegagalan perangkat lunak, untuk memperbaiki kegagalan, dan untuk memverifikasi keberhasilan koreksi. Faktor kebutuhan tersebut mengacu pada struktur modular dari perangkat lunak, internal program dokumentasi, dan manual programmer, antara barang-barang lainnya.

Dari analisis yang kami lihat pada Rancang Bangun Sistem Informasi E-Katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah maintainability dapat dilihat dari sudah adanya bab-bab yang mengatur perancangan program dari awal sampai akhir seperti analisis sitem, desain system, dan tahap uji coba dan evaluasi.

Sebagai contoh yang ada pada rancang bangun ini yaitu adanya :

ANALISIS SISTEM


Kebutuhan Pengguna dan Cerita Pengguna (User Needs and User Stories)
Tujuan yang disepakati (Agreed Goals)
Lingkungan (Environment)
Pelaku / Aktor (Stakeholders / Actors) 
Catatan dari Wawancara dan Curah Gagasan (Notes from Interviews and Brainstorming)
Cerita Pengguna (User Stories) 
Catatan Wawancara (Interview Notes) 
Daftar Cek Wawancara (Interview Checklist)

Usability

Persyaratan kegunaan berurusan dengan lingkup sumber daya staf yang diperlukan untuk melatih karyawan baru dan untuk mengoperasikan sistem perangkat lunak.

Pada program Rancang Bangun Informasi E-Katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah usability dilihat dari adanya kemudahan pada penggunaan kebutuhan hardware dan sistem. Yaitu sebagai berikut :

Kebutuhan hardware dari sistem ini meliputi spesifikasi dari komputer server dan komputer klien. Adapun spesifikasi hardware adalah sebagai berikut. Untuk server minimal dengan server kelas low entry. Dengan spesifikasi sebagai berikut :

Spesifikasi komputer server low entry
• Processor 2 Core
• Memory 4 GB
• HD 300 GB
• LAN Card dan koneksi internet

Spesifikasi komputer client
• Pentium IV 1.6 GHz
• 512 Mb DDR1
• HD 40 GB
• LAN Card dan koneksi internet
• Monitor 14 Inch mendukung resolusi 1024 X 768

Kebutuhan Sistem

Kebutuhan sistem yang nantinya membantu kinerja dari Sistem Informasi E-Katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah adalah sebagai berikut :
A. Aplikasi yang harus terdapat di server
• OS Linux varian Debian.
• PostgreSQL yang berfungsi sebagai database
• Tomcat Apache yang berfungsi sebagai server 59
• Maven sebagai builder dari library yang digunakan.
• Spring 3 dan Tapestry sebagai framework proses bisnis
• MyBatis sebagai akses data 



Selain itu faktor usability yang diterapkan pada kasus ini adalah dengan adanya dokumen-dokumen berikut untuk memudahkan para user, yaitu seperti berikut :

- Installation/ quick start

- User guide

- FAQ/ troubleshooting 



Penerapan faktor usability juga dapat dilihat pada tampilan antarmuka aplikasi yang sederhana, simple, dan dapat mudah dimengerti. Untuk field-field pengisian data juga ditata dengan rapi dan tidak membuat user kebingungan tentang data yang akan diisikan. Berikut beberapa gambar tampilan dari aplikasi ini :

 


 

Dan dapat disimpulkan software quality factor Maintainability dan Usability pada Rancang Bangun Sistem Informasi E-Katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah sudah diterapkan.

Refrensi :

- Buku TA Rancang Bangun Sistem Informasi E-Katalog Pengadaan Mobil Instansi Pemerintah.
- Software Quality Assurance , Daniel Galin.

0 komentar: