Minggu, 10 Juni 2012

Documentation Control & Quality Records

Okay saat ini saya mencoba memberikan pengetahuan saya tentang documentation control & quality records pada pengembangan perangkat lunak...

Dokumen kontrol ini saat ini menjadi penting dalam pengembangan perangkat lunak. Karena dokumen kontrol ini berguna untuk pengembangan dan berguna sebagai pemeliharaan sistem perangkat lunak. Jika dokumen diberlakukan dalam sebuah proyek pengembangan perangkat lunak maka persiapan, penyimpanan, pencarian, serta pembuangan harus dikendalikan oleh prosedur pada dokumen kontrol.

Salah satu jenis dokumen kontrol yang baik yaitu quality records (catatan mutu).

- Dengan adanya sistem dokumen ini mentargetkan kepada customer sehingga customer mungkin akan lebih percaya kepada pihak pengembang dikarenakan dokumen ini bisa menunjukkan kepatuhan penuh dan operasional yang efektif dari sistem penjaminan kualitas perangkat lunak pada proses pembangunan dan pemeliharaan.

- Quality Records sendiri yaitu sebuah catatan dokumen yang memberikan informasi spesifik  yang berhubungan dengan prosedur dan instruksi kerja. 
- Seperti pada penjelasan diatas, dengan adanya Quality records ini memberikan sebuah bukti bahwa dalam pengembangan perangkat lunak ini tim pengembang (organisasi) telah melakukan sesuai dengan prosedur dan kebijakan.

Tujuan dari mengelola dokumen kontrol yaitu :

- Untuk menjamin kualitas dokumen.
- Untuk menjamin kelengkapan teknis sesuai dengan prosedur struktur dokumen dan instruksi.
- Untuk  keperluan masa depan, dokumen yang mungkin diperlukan untuk pemeliharaan perangkat lunak sistem, atau tanggapan pelanggan terhadap keluhan yang terjadi di masa mendatang.
- Untuk mendukung penyelidikan penyebab kegagalan perangkat lunak sebagai bagian dari tindakan korektif dan lainnya. 

Dokumen-dokumen tertentu memerlukan persetujuan. Untuk dokumen-dokumen yang harus disetujui, prosedur yang relevan harus adanya posisi orang berwenang untuk melakukannya untuk melakukan persetujuan setiap jenis dokumen dan rincian dari proses yang akan dilaksanakan. 

Persetujuan dapat diberikan oleh seseorang, beberapa orang, atau komite seperti desain review komite formal tergantung pada jenis dokumen dan preferensi organisasi. Pemegang posisi   prosedur dokumentasi kontrol diharapkan  memiliki pengalaman dan keahlian teknis yang cukup untuk tugas dokumen  meninjau. 

Typical controlled documents (including quality records)

 

Refrensi :

1. Buku Daniel Galin, Software Quality Assurance From theory to implementation



0 komentar: