Minggu, 03 Juni 2012

Keterkaitan SQA dengan SDLC

SQA

Software Quality Assurance (jaminan kualitas perangkat lunak) merupakan aktivitas pelindung yang mendukung dan diaplikasikan pada semua proses perangkat lunak.
Penjaminan kualitas perangkat lunak ini meliputi :
1.      Pendekatan manajemen kualitas.
2.      Kontrol dokumentasi perangkat lunak dan melakukan perubahan yang dibuat.
3.      Prosedur yang dapat menjamin kesesuaian dengan standar pengembangan perangkat lunak.
4.      Prosedur pengukuran dan pelaporan.
5.      Strategi pengujian yang bertingkat.
6.      Teknologi rekayasa perangkat lunak yang efektif.

A.              Konsep Kualitas
Konsep kualitas dibagi menjadi :
1.      Kualitas
Kualitas adalah sebuah karekteristik dari sesuatu. Karekteristik ini nantinya dapat diukur dengan membandingkan sesuai standar yang sudah ditetapkan sehingga mendapatkan suatu kualitas. Karekteristik pada perangkat lunak seperti jumlah function point, baris kode, dll. Jenis kualitas berdasarkan pengukurannya ada 2 jenis yaitu kualitas desain dan kualitas konformansi.
·         Kualitas desain mengacu pada karekteristik yang sudah ditentukan desainer pada suatu utem tertentu.
·         Kualitas konformansi merupakan tingkat spesifikasi desain akan dipantau selama pembuatan.
2.      Kontrol kualitas
Kontrol kualitas adalah serangkaian pengujian dan pemeriksaan terhadap seluruh proses pengembangan untuk dapat memastikan bahwa setiap tahap proses pengembangan dapat memenuhi syarat yang sudah disepakati atau yang sudah ditetapkan.
3.      Jaminan Kualitas
Jaminan kualitas ini bertujuan untuk memberikan informasi yang diperlukan manajemen untuk dapat memberitahukan masalah kualitas produk, sehingga hasilnya kualitas produk dapat memenuhi sasaran yang ditetapkan.
4.      Biaya kualitas
Biaya kualitas ini merupakan semua biaya yang dianggarkan untuk dapat mengejar kualitas atau menampilkan kualitas yang berhubungan dengan aktivitas. Dengan adanya dokumentasi tentang biaya kualitas ini memberikan rincian dasar tentang biaya kualitas yang sedang digunakan.
Biaya kualitas dibagi menjadi berbagai macam biaya :
1.      Biaya pencegahan.
2.      Biaya penilaian
3.      Biaya kegagalan external & internal.

B.     Jaminan Kualitas Perangkat Lunak

Kualitas perangkat lunak dapat diartikan sebagai penjagaan terhadap kebutuhan fungsional dan kinerja yang dinyatakan secara standar perkembangan yang didokumentasikan secara explisit dan karateristik yang secara implisit untuk semua perangkat lunak yang akan ikembangkan secara profesional.
Pada kualitas perangkat lunak perlu diperhatikan berbagai hal yaitu :
1.      Kurang adanya penyesuaian terhadap kebutuhan yang menunjukkan rendahnya kualitas perangkat lunak.
2.      Standar yang telah ditentukan untuk setiap kriteria  pengembangan yang dapat menuntun cara perangkat lunak dapat berkualitas. Namun pada kenyataannya banyak kriteria tersebut tidak diikuti, yang mengakibatkan kualitas kurang baik.
3.      Kurang adanya dokumentasi tentang kebutuhan implisit membuat kualitas perangkat lunak diragukan kualitasnya.

C.              Aktivitas SQA

Penjaminan kualitas perangkat lunak merupakan perekayasa perangkat lunak yang mengerjakan kerja teknis dan kelompok SQA yang bertanggung jawab terhadap penjaminan kualitas, analisis, dan pelaporan. Tugas kelompok ini berguna untuk membantu tim proyek dalam pencapaian perangkat lunak akhir yang berkualitas.
Aktivitas yang dilakukan oleh kelompok SQA yaitu :
1.      Menyiapkan rencana SQA dalam proyek.
Rencana ini dikembangkan pada perencanaan proyek dan disepakati oleh semua tim yang terkait. Aktivitas penjaminan kualitas perangkat lunak yang dilakukan tim rekayasa perangkat lunak dan kelompok SQA dikendalikan oleh rencana yang sudah dipersiapkan.
2.      Berpartisipasi pada pengembangan deskripsi proses pengembangan proyek.
3.      Memantau aktivitas rekayasa perangkat lunak untuk mengidentifikasi apakah pemenuhan proses perangkat lunak sudah dijalankan sesuai dengan yang ditentukan.
4.      Melakukan audit terhadap produk kerja perangkat lunak yang sudah ditentukan untuk mengetahui bahwa kesesuaian dengan produk kerja yang ditentukan sebagai bagian dari proses perangkat lunak. Melakukan audit terhadap produk kerja perangkat lunak yang sudah ditentukan untuk mengetahui bahwa kesesuaian dengan produk kerja yang ditentukan sebagai bagian dari proses perangkat lunak.
5.      Memantau bahwa produk kerja perangkat lunak didokumentasikan sesuai dengan prosedur pendokumentasian.

Penjaminan kualitas perangkat lunak merupakan aktivitas pelindung yang akan diaplikasikan pada setiap langkah dalam proses perangkat lunak. Dengan berbagai macam metode yang telah ada akan membantu tercapainya penjaminan kualitas sebuah perangkat lunak.

SDLC dan Keterkaitan dengan SQA

System Development Life Cycle (SDLC) yaitu proses pembuatan sistem serta melakukan pengubahannya dan model yang digunakan untuk mengembangkan suatu sistem terebut. Langkah yang ada pada SDLC ini yaitu meliputi :

  1. Analisis sistem yang akan dikembangkan.
  2. Mencari tahu kebutuhan dari pengembangan sistem dan melakukan perencanaan.
  3. Merancang sistem.
  4. Melakukan pengembangan sistem.
  5. Pengujian sistem.
  6. Maintenance.
Langkah-langkah yang ada diatas dijalankan secara berurutan. Pada setiap langkah yang sudah dikerjakan harus dianalisis ulang, terutama pada langkah mencari tahu kebutuhan dan perencanaan, karena pada tahap ini harus benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. Jika tidak cocok maka langkah ini harus kembali pada tahap sebelumnya atau dilakukan control kembali (quality control). Yang dilakukan oleh internal tim.

Sedangkan pada tahap pengujian ini dilakukannya testing yag bersifat SQA, yang dilakukan oleh tim external untuk menguji sistem yang telah dikembangkan apakah sudah berkualitas. 

Dan semua tahap pada SDLC ini didokumentasikan secara formal untuk menghasilkan sistem pengembangan yang lebih berkualitas dan mempermudah dalam maintenance dan peningkatan fungsi sistem tersebut.

0 komentar: